Pengantar PHP

Disclaimer : Tulisan ini bukan untuk mengajari apalagi menggurui, tulisan ini hanya untuk pengingat penulis karena sering lupa

Pada bagian ini akan diulas gambaran singkat tentang PHP, bagaimana mengenali syntax PHP dalam HTML, cara kerja PHP serta macam-macam database yang bisa ditangani oleh PHP.

1. Apa Itu PHP ?

Menurut dokumen resmi PHP, PHP merupakan singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, PHP merupakan bahasa berbentuk skrip yang ditempatkan dalam server dan diproses diserver dan hasilnya akan dikirimkan ke klien melalui browser.

Pada awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page. Sesuai dengan namanya, PHP digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya, PHP menjelma menjadi bahasa pemrograman web yang powerful dan tidak hanya digunakan untuk membuat halaman web sederhana, tetapi juga website populer yang digunakan oleh jutaan orang seperti wikipedia, wordpress, joomla, dll.

Saat ini PHP adalah singkatan dari PHP: Hypertext Preprocessor, sebuah kepanjangan rekursif, yakni permainan kata dimana kepanjangannya terdiri dari singkatan itu sendiri: PHP: Hypertext Preprocessor.

PHP dapat digunakan dengan gratis (free) dan bersifat Open Source. PHP dirilis dalam lisensi PHP License, sedikit berbeda dengan lisensi GNU General Public License (GPL) yang biasa digunakan untuk proyek Open Source.

Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Menurut wikipedia pada februari 2014, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

2. Script PHP

Skrip PHP berkedudukan sebagai tag dalam bahasa HTML. Sebagaimana diketahui, HTML (Hypertext Markup Language) adalah bahasa standar untuk membuat halaman-halaman web. Sebagai contoh, berikut adalah kode HTML:

<html>
<head>
 <title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
Selamat Belajar PHP.<\br>
</body>
</html>

Ketik kode diatas menggunakan notepad lalu simpan dengan ekstensi .htm atau .html lalu buka file tersebut dengan menggunakan web browser, bagaimana hasilnya ?

Lalu skrip berikut adalah contoh skrip PHP yang berapa pada HTML:

<html>
<head>
<title>Latihan HTML</title>
</head>
<body>
Selamat Belajar PHP.<\br>
<?php
printf("Tgl. Sekarang: %s ", Date("d F Y"));
?>
</body>
</html>

Lalu simpan skrip diatas dengan extensi .php supaya skrip PHP bisa berjalan/ dieksekusi oleh PHP engine/ PHP interpreter.

Lalu mana yang disebut skrip PHP? Lihat baris berikut :

<?php
printf("Tgl. Sekarang: %s ", Date("d F Y"));
?>

Kode inilah yang merupakan skrip/kode PHP. Dalam penulisan PHP ada aturannya yaitu harus diawali dengan <?php … dan diakhiri dengan …?>, jadi sintaks php harus ditulis diantara tag tersebut.

Demikian, untuk selanjutnya yang akan dibahas adalah Konsep Kerja PHP . Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.