Mengenal Bahasa SQL

1. Memahami Database MySQL

Database secara sederhana dapat kita sebut sebagai Gudang data. Secara teori, database adalah kumpulan data atau informasi yang kompleks, data-data tersebut disusun menjadi beberapa kelompok dengan tipe data yang sejenis (disebut tabel), dimana setiap datanya dapat saling berhubungan satu sama lain atau dapat berdiri sendiri, sehingga mudah diakses.

Program Pengelola Database

Dalam basis Data, database dapat kita kelola menggunakan aplikasi basis data, seperti : MySQL, Access, PostgreSQL, dan SQL Server.

Aplikasi yang dapat membuat dan mengelola database sering disebut SMBD (Sistem Manajemen Basis Data) atau DBMS (Database Management System).

Ada dua perbedaan SMBD yang sering kita gunakan , yaitu database yang bersifat Stand Alone dan database yang bersifat database server. Pengkatagoriannya sebagai berikut :

  • Database Server (berjalan client/server) :
  1. MySQL
  2. MsQL
  3. PostgreSQL
  4. SQL Server
  5. Oracle
  6. Interbase
  • Bukan Database Server (Stand Alone)
  1. Microsoft Access
  2. Paradox
  3. dBase

Database Server MySQL

MySQL merupakan database server yang awalnya hanya berjalan pada sistem UNIX dan LINUX. Seiring berjalannya waktu dan banyaknya peminat yang menggunakan database ini, MySQL merilis versi yang dapat diinstall pada hampir semua platform, termasuk Windows.

Lisensi dari MySQL adalah Freeware. Kita dapat mendownload dan menggunakannya tanpa harus membayarnya. Meskipun kita menjual produk menyertakan software MySQL, kita tidak melanggar hak cipta.

Sebutan Umum Database Server

Umumnya, orang menyebut database seperti MySQL, PostgreSQL, atau yang lainnya, dengan sebutan Database Server saja. Namun, ada beberapa orang yang menyebutnya  dengan istilah Database Engine, Mesin Database, SMBD, DBMS, Back End, ataupun langsung menyebut dengan program database saja, tapi pada dasarnya semuanya sama.

Keterkaitan MySQL dan SQL

Mungkin bagi yang baru pertama dengan MySQL akan bingung dengan dua kata “SQL” dan “MySQL”. Pertanyaan yang mungkin muncul adalah, ini satu atau dua bentuk aplikasi? yah saya bisa memaklumi munculnya pertanyaan tersebut, sama dengan yang ada dibenak saya pada saat mulai mengenal MySQL.

Bagi yang sebelumnya sudah pernah belajar atau sudah pernah membaca buku basis data, mungkin akan mendapatkan pembahasan khusus mengenai SQL pada bagian akhirnya. Apakah SQL itu sebenarnya, dan apa bedanya dengan MySQL itu sendiri?

Penjelasannya adalah sebagai berikut:

SQL merupakan kependekan dari kata “Structured Query Language”. SQL merupakan suatu bahasa permintaan yang terstruktur. Kenapa terstruktur? Karena pada penggunaannya, SQL mempunyai beberapa aturan yang telah distandarkan oleh asosiasi yang bernama ANSI.

Jadi, SQL adalah bahasa permintaan yang melekat pada suatu database atau SMBD tertentu, sedangkan MySQL merupakan SMBD nya dan SQL adalah perintah atau bahasa yang melekat didalam SMBD tersebut.

Sebagai suatu bahasa permintaan, SQL tidak hanya melekat pada MySQL server saja, tetapi juga didukung oleh SMBD lainnya.

Demikian untuk kali ini untuk selanjutnya akan dibahas mengenai Tingkatan Aplikasi Database, semoga bermanfaat, terima kasih.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.