Pemrograman Berorientasi Objek 1

Pendahuluan

JvaheatBahasa Java adalah bahasa pemrograman berbasis Obyek, Sehingga untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi selanjutnya, perlu disampaikan beberapa topikpemrograman berorientasi obyek yang berhubungan langsung dengan topik-topik yang akan dibahas, diantaranya mengenai konsep pemrograman berorientasi obyek, inheritance dan contructor.

Pemrograman Berorientasi Obyek

Pemrograman berorientasi obyek merupakan suatu konsep pemrograman dengan mengambil konsep obyek sebagai komponen dasar dari pemrogramannya. Obyek merupakan suatu kesatuan komponen dan struktur yang didalamnya berisi atribut yang selanjutnya dinamakan dengan member dan method yang merupakan kumpulan fungsional dari suatu Obyek. Sebagai suatu analogi, obyek kita ambil obyek mobil mempunyai member berupa roda, kemudi, body, pintu, lampu, dashboard dan lainnya. Obyek mobil ini mempunyai method berupa maju, mundur, jalan, berhenti dan berputar.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa obyek mempunyai sifat-sifat yaitu :

  • Member atau sering juga disebut dengan attribut yang menjelaskan variabel, parameter, atau keadaan (state) dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat member berupa roda, kemudi, seperti yang disebutkan diatas.
  • Method atau sering juga disebut dengan behavior yang menjelaskan perilaku, kegiatan atau kerja dari suatu obyek, misalkan pada obyek mobil terdapat method maju, mundur, berhenti, seperti yang disebutkan diatas.

Demikian untuk kesempatan kali ini, masih banyak yang belum dituliskan kelanjutannya tunggu dan ikuti terus contekan saya.

Sumber : Modul ajar Pemrograman Java.

Credit : Achmad Basuki.(2007)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.