Pemrograman Berorientasi Obyek ::JLABEL

JLabel adalah komponen yang digunakan untuk membuat tulisan atau gambar pada frame sebagai suatu informasi untuk pengguna program. Untuk menggunakan jLabel, sebagai suatu class maka sebelumnya perlu dibuat suatu obyek menggunakan class JLabel. Program berikut akan menambahkan komponen JLabel pada program AplikasiPenilaian seperti yang dijelaskan di atas (catatan: penulisan huruf tebal pada listing program adalah modifikasi untuk menambahkan komponen Jlabel).

import javax.swing.*;

class AplikasiPenilaian extends JFrame

{
JLabel lblnim=new JLabel(“NIM”);

AplikasiPenilaian()
{
setTitle(“Lembar Penilaian”);
setLocation(300,100);
setSize(300,150);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}

void komponenVisual()
      {
          getContentPane().setLayout(null);
          getContentPane().add(lblnim);
          lblnim.setBounds(10,10,70,20);
          setVisible(true);
      }

public static void main(String args[])
{
AplikasiPenilaian ap=new AplikasiPenilaian();
ap.komponenVisual();
}

}

Hasil dari program diatas adalah :

Jlabel

Gambar. Label pada Frame

Bagian yang dicetak tebal merupakan perubahan dan penambahan yang perlu dilakukan untuk memperoleh Hasil dari program di atas adalah: di atas. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

JLabel lblnim=new JLabel(“NIM”);

Merupakan cara untuk membentuk obyek JLabel yang kita beri nama lblnim dan bertuliskan “NIM“. Obyek ini akan kita gunakan sebagai informasi kepada user untuk memasukkan NIM mahasiswa.

void komponenVisual()

     {

          getContentPane().setLayout(null);
          getContentPane().add(lblnim);
          lblnim.setBounds(10,10,70,20);
          setVisible(true);

     }

method void komponenVisual() digunakan untuk meletakkan berbagai komponen visual yang kita gunakan dalam program.

getContentPane().setLayout(null)

Sintaks di atas digunakan untuk mengatur tata letak komponen dalam frame, dimana layout null berarti bahwa koordinat tiap komponen dalam frame harus ditentukan sendiri posisinya oleh programmer.

getContentPane().add(lblnim)

adalah perintah yang digunakan untuk menempelkan obyek JLabel ke frame.

lblnim.setBounds(10,10,70,20);

perintah di atas berhubungan dengan getContentPane().setLayout(null) di atas yang berguna untuk mengatur posisi dari komponen JLabel yang bernama    lblnim. Pengaturan posisi dilakukan dengan menggunakan setBounds(10,10,70,20) dimana agrumen pertama menunjukkan koordinat x dari ujung kiri atas obyek, argumen kedua menunjukkan koordinat y dari ujung kiri atas obyek, argumen ketiga menunjukkan lebar dari obyek dan argumen keempat menunjukkan tinggi dari obyek.

setVisible(true);

digunakan untuk menampilkan frame berserta semua obyek yang ada di dalamnya. Pada program sebelumnya method ini kita letakkan pada constructor karena kita belum membuat method komponenVisual().

Pada main, kita perlu memanggil method komponenVisual() agar semua semua pengaturan yang telah kita lakukan dapat tampil ke layar, dengan cara:

ap.komponenVisual();

 Hasil dari program di atas adalah: program adalah tampak seperti di atas, dimana frame awal yang tadinya masih kosong, sekarang telah kita beri label  NIM.  Selanjutnya  kita  perlu  menambahkan  komponen  JTextField agar kita dapat memasukkan data ke dalam program.

One thought on “Pemrograman Berorientasi Obyek ::JLABEL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *