Pemrograman Berorientasi Obyek 4 (Constructor)

CONTRUCTOR

Constructor adalah method yang memiliki nama sama dengan nama classnya. Berfungsi sebagai inisialisasi ketika sebuah obyek dibuat dari sebuah class. Class Lingkaran2.java berikut ini adalah class yang memiliki constructor yang diperoleh dengan melakukan modifikasi terhadap method inputData(int data) pada class Lingkaran1.java.

class Lingkaran2
{
     double radius;
     Lingkaran2(int data)
  {
     radius=data;
  }

 public double hitungLuas()
  {
     double Luas; Luas=Math.PI*radius*radius; return Luas;
  }

 public double hitungKeliling()
  {
     double Keliling; Keliling=2*Math.PI*radius; return Keliling;
  }

 public void cetak()
  {
     System.out.println(“Radius Lingkaran : “+radius); System.out.println(“Luas Lingkaran :” +hitungLuas()); System.out.println(“Keliling Lingkaran :”+hitungKeliling());
  }

 public static void main(String args[])
  {
      Lingkaran2 ling2=new Lingkaran2(10);
      ling2.cetak();
  }
}

Hasil dari program di atas adalah:

  • Radius Lingkaran : 10.0
  • Luas Lingkaran : 314.1592653589793
  • Keliling Lingkaran : 62.83185307179586

Perbedaan program Lingkaran1.java dengan Lingkaran2.java adalah pada pemberian argumen untuk variabel member radius. Pada class Lingkaran1.java terdapat sintaks :

public static void main(String args[])

      {
          Lingkaran1 ling1=new Lingkaran1();
          ling1.inputData(10);
          ling1.cetak();
      }

Dimana nilai dari variabel radius dimasukkan melalui method inputData(10). Pada class Lingkaran2.java nilai dari radius langsung dimasukkan ketika obyek ling2 dibuat menggunakan sintaks:

public static void main(String args[])

      {
          Lingkaran2 ling2=new Lingkaran2(10);
          ling2.cetak();
      }

Bagaimana..? Selanjutnya kita akan bahas tentang komponen-komponen visualnya.

Credit : Achmad Basuki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *