Pemrograman Berorientasi Obyek 2

Menulis program berbasis obyek menggunakan bahasa Java dilakukan dengan cara membentuk sebuah class, menentukan variabel member dan menentukan method. Pembentukan class dari suatu obyek ini  dinamakan  dengan  enkapsulisasi.  Untuk  menggambarkan  suatu obyek digunakan suatu diagram yang dinamakan dengan class diagram. Model class di dalam class diagram seperti terlihat pada gambar 1.1.

classgbr1.1

Gambar 1.1 Model Class

Class merupakan pendefinisian suatu bentuk obyek dengan menyebutkan definisi member dan method dari obyek tersebut. Bisa dikatakan bahwa class merupakan suatu tipe data dari obyek, sedangkan obyek adalah variabel yang menggunakan tipe data yang didefinisikan dalam class.

Misalnya kita ingin membuat program untuk menghitung luas dan keliling  lingkaran  maka  kita  dapat  membuat  sebuah  class  mengenai lingkaran dengan nama  Lingkaran1.java. Seperti  yang  telah  diketahui bahwa lingkaran mempunyai parameter buapa jari-jari dan perhitungan yang bisa dilakukan adalah luas lingkaran dan keliling lingkaran. Sehingga class lingkaran1.java memiliki variabel member radius dan beberapa method seperti

  • Void InputData(int Data),
  • double hitungLuas(),
  • double hitungKeliling() dan
  • Void main(String args[])

Class tersebut dapat dinyatakan dengan model seperti pada gambar 1.2.

Gambar 1.2 Model Class untuk lingkaran

Gambar 1.2 Model Class untuk lingkaran

Dari Class diagram tersebut diatas dapat dituliskan program Java sebagai berikut :

class Lingkaran1

{
double radius;

public void inputData(int data)

{
radius=data;
}

public double hitungLuas()

{
double Luas; Luas=Math.PI*radius*radius; return Luas;
}

public double hitungKeliling()

{
double Keliling; Keliling=2*Math.PI*radius; return Keliling;
}

public void cetak()
{
System.out.println(“Radius Lingkaran : “+radius); System.out.println(“Luas Lingkaran :    “+hitungLuas()); System.out.println(“Keliling Lingkaran : “+hitungKeliling());
}

public static void main(String args[])
{
Lingkaran1 ling1=new Lingkaran1();
ling1.inputData(10);
ling1.cetak();
}
}

Hasil dari program adalah :

Radius Lingkaran : 10.0

Luas Lingkaran : 314.1592653589793

Keliling Lingkaran : 62.83185307179586

Demikian, selanjutnya Inheritance (pewarisan) akan dibahas pada kesempatan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *